Kamis, 03 Januari 2013

Taliban Sindir AS Yang ‘Lari’ Dari Afghanistan Seperti Waktu Perang Vietnam


menyamakan rencana penarikan pasukan AS dari Afghanistan dengan peristiwa penarikan pasukan Amerika dari Vietnam, di mana AS berusaha menyebut langkah mereka tersebut sebagai strategi ‘deklarasi kemenangan dan lari’.


Sebuah pernyataan dari kelompok Taliban mengatakan transfer operasi keamanan yang sedang berlangsung dari pasukan AS kepada pasukan Afghanistan mirip dengan peristiwa penarikan pasukan Amerika dari Vietnam Selatan sebelum kemenangan komunis di sana pada tahun 1975.

Amerika yang memimpin pasukan NATO dijadwalkan akan menarik diri dari Afghanistan pada akhir 2014, meskipun AS akan meninggalkan sisa pasukannya di negara itu dan negara-negara NATO lainnya telah menjanjikan dukungan berkelanjutan terhadap pemerintah Kabul.

“Mereka ingin melarikan diri dari Afghanistan seperti mereka berbalik dan lari dari Vietnam,” kata pernyataan Taliban. “Ketika Amerika menghadapi kekalahan di Vietnam, mereka datang dengan rumus ‘menyatakan kemenangan dan lari’ dan sekarang mereka ingin memanfaatkan rumus ‘transfer keamanan dan lari’ di Afghanistan.”

Amerika Serikat menarik pasukan tempur mereka dari Vietnam Selatan pada tahun 1973, meninggalkan pasukan Vietnam Selatan menghadapi Vietnam Utara dan Viet Cong yang berbaris ke ibukota, Saigon, dua tahun kemudian.(fq/islampos/ap)