Selasa, 15 Januari 2013

Halimah Yacob, Muslimah Pertama Yang Jabat Ketua Parlemen Singapura


Parlemen Singapura hari ini secara resmi mengangkat seorang wanita Muslim sebagai ketua parlemen. Wanita tersebut menggantikan ketua parlemen sebelumnya yang lengser akibat skandal perselingkuhan.


Halimah Yacob, nama wanita Muslim itu, menjadi wanita pertama yang menjabat ketua parlemen Singapura, seperti yang dilansir AFP, Senin (14/1). Wanita berusia 58 tahun itu sejak awal merupakan satu-satunya kandidat untuk posisi tersebut.

Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Singapura yang menunjuk wanita berjilbab itu untuk menggantikan Michael Palmer. Menurut PM Lee, Halimah memiliki pengalaman mumpuni dalam pergerakan buruh, kerja sosial, dan pendidikan prasekolah. Dia meyakini Halimah mampu menjalankan tugas barunya dengan baik.

Halimah ditunjuk sebagai ketua parlemen Singapura setelah pendahulunya, Michael Palmer tiba-tiba mengundurkan diri dari parlemen dan partai berkuasa, People’s Action Party (PAP). Palmer meletakkan jabatannya karena skandal seks yang menghebohkan warga Singapura. Palmer yang telah beristri mengakui ‘hubungan tidak pantas’nya dengan seorang staf People’s Association (PA), lembaga hukum setempat.