Akhir Mei 2011, tepat jelang sehari keberangkatan tugas dakwah, Roli
Noberto mendapat kabar menyengat dari almamaternya. Sarjana Komunikasi Islam
alumnus Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah M Natsir, Jakarta, ini dipindahkan tugasnya
dari semula ke Cibinong, Jawa Barat, menjadi ke Magelang, Jawa Tengah. Padahal,
da’i muda dari Sumatera Barat ini sudah bersosialisasi ke Cibinong. Bahkan ia
sudah mendapatkan rumah kontrakan yang bakal ditinggalinya selama setahun di
sana.
Roli protes kepada Ustadz Misbahul Anam, dosen STID M Natsir yang juga
mengatur penempatan da’i. Namun, STID bergeming. ‘’Kami punya pertimbangan
tertentu sampai detik-detik akhir untuk penempatan da’i. Tapi insya Allah, saya
punya feeling, antum dan Madeni akan lebih baik di lereng Merapi
daripada di Cibinong,’’ ujar Ustadz Misbah mendinginkan Roli.
Oleh Pembina Dewan Da’wah Kyai Kholil Badhawi, Roli dititipkan kepada
keluarga tokoh FKUI (Forum Komunikasi Umat Islam) di Dusun Demo, Kelurahan
Kalibening, Kec Dukun. Di sini, Roli Noberto dikenal sebagai Ustadz Abdul
Rasyid. Sedangkan Madeni tinggal bersama keluarga Sardi di depan Masjid Al
Fatah, tak jauh dari kediaman Roli.
Tepat setahun kemudian, Roli berkirim SMS ke Ustadz Misbah. Bukan
cepat-cepat minta ditarik ke Jakarta, dia malah mengajukan permohonan agar
tugasnya di Dukun, bisa diperpanjang setahun lagi.
‘’Saya sempat heran, ada apa ini. Ternyata, dia kecantol sama kembang desa
lereng Merapi,’’ tutur Ustadz Misbahul Anam, tatkala menyampaikan taushiyah
walimatul urusy pernikahan Roli Noberto-Mia Marlinasari di Desa Talun, Dukun,
Magelang, Ahad, 27 Mei lalu.
Walimahan pengantin berlangsung semarak. Selain keluarga mempelai, juga
hadir para tokoh pendidikan dan agama setempat, termasuk para pengurus
komunitas Al Barokah yang menggerakkan da’wah di sana. Juga kawan-kawan dari
beberapa ormas Islam seperti FKUI, FPI, Muhammadiyah, dan NU.
Dari keluarga besar Dewan Da’wah, hadir Kyai Kholil Badhawi, Ustadz
Misbahul Anam (STID Natsir), Nurbowo (LAZIS Dewan Da’wah Pusat), Ustadz
Fauzan dan Nasrul (Ketua dan Sekretaris Dewan Da’wah Magelang), Ustadz Yuli
Fajar (Dewan Da’wah Jawa Tengah), dan Ustadz Madeni (Da’i Dewan Da’wah di
Magelang).
Rumah Baca Kristen dengan Poster Salman Rusdhi |
Kepada Pembina Dewan Da’wah, seorang tokoh sepuh setempat berbisik-bisik.
‘’Sebelum saya meninggal, tolong kabulkan permintaan terakhir saya kepada Dewan
Da’wah. Tolong Ustadz Rasyid dan Madeni biar tinggal di Dukun sini, jangan
ditarik ke Jakarta,’’ katanya terpatah-patah.
‘’Nggih, baik, insya Allah,’’ jawab Kyai Kholil, yang membuat marem
tokoh tersebut.
Lereng Merapi memang membutuhkan lebih banyak lagi da’i. Jika tidak
dipenuhi, jangan kaget kalau kelak daerah ini akan menjadi ‘’padang gembala
Kristus’’.
Bersama FKUI, Ustadz Roli dan Madeni, merekam pola gerakan deislamisasi di
desa-desa di Lereng Merapi Kecamatan Dukun Magelang melalui 8 jurus, yaitu:
- Memasuki dan mendampingi warga desa-desa terpencil yang masih belum atau kurang terbina dakwah Islam. Misalnya Desa Bojong, Windusari, Tanen, dan Desa Sumber. Misionaris memiliki Program Tinggal di Desa (Living In), yaitu mendatangkan kader-kader misionaris dari Amerika untuk tinggal beberapa pekan bersama keluarga muslim di lereng Merapi.
- Indoktrinasi dan praktik pluralisme. Penduduk dicekoki faham bahwa semua agama benar dan baik, tujuannya sama, sehingga tidak masalah orang Islam berpindah ke lain agama sesuai kemampuannya. Maka, hal biasa dalam satu keluarga, terdapat anggota yang beragama islam dan non-Islam.
- Diakonia. Para misionaris secara terbuka door to door menawarkan kebutuhan pokok masyarakat seperti sembako (sembilan bahan pokok), alat sekolah, dan prasarana pertanian. Beberapa rumah penduduk dibangun atau direnovasi denganbantuan gereja, dengan syarat tertentu yang harus dipenuhi. Agar ‘’legal’’, program ini dilakukan dengan memanfaatkan kekuasaan pengurus RT maupun Kepala Desa. Dengan menguasai sektor-sektor bisnis strategis, misionaris mampu menawarkan dan memberikan pekerjaan bagi anak, remaja, atau pemuda tamatan SMP dan SMA muslim yang masih menganggur.
- Membuka Sanggar Seni, Lembaga Kursus dan Bimbel, atau Taman Baca gratis. Program ini menyasar anak-anak muslim mulai SD sampai SMA. Misi non-Islam disisipkan di sela-sela pembelajaran berupa nyanyian-nyanyian kerohanian atau gambar-gambar.
- Menyaru Budaya Muslim. Para agen Injili tak sungkan mengambil simpati masyarakat dengan belajar fasih mengucapkan salam atau hamdalah, juga mengenakan baju koko, peci, memelihara jenggot, dan lain-lain. Mereka pun aktif menghadiri acara-acara keagamaan maupun kekeluargaan warga Islam.
- Akulturasi budaya. Misionaris memanfaatkan budaya lokal sebagai alat penyebaran agama, misalnya rebana, kuda lumping (jathilan), topeng ireng, wayang kulit, dll.
‘’Jurus-jurus mereka sangat efektif sehingga di beberapa dusun telah
terjadi pemurtadan besar-besaran. Bahkan ada satu dusun yang kini umat Islamnya
tinggal 2 keluarga yaitu Dusun Tangkil dan Ngargomulyo,’’ ungkap Ustadz Roli.
Ia menambahkan, desa-desa yang paling rawan pemurtadan Desa Sumber,
Ngargomulyo, Kalibening, Krinjing, Keningar, dan Wates.