Selasa, 20 November 2012

Suporter Sepak Bola Italia Kibarkan Bendera Palestina


Solidaritas terhadap perjuangan Palestina melawan tentara Israel, ternyata mengundang simpati luas hingga ke tanah Italia. Bahkan pendukung kesebelasan Liga Italia yang bermain di Serie B, Livorno, memiliki simpati luas terhadap perjuangan Palestina. Seperti yang dilansir oleh republika.co.id.


Dalam sebuah pertandingan Piala UEFA 29 November tahun 2006 contohnya, sekitar 20 ribu penonton Livorno menyayikan yel-yel dukungan bagi Palestina.

Tidak hanya itu, para tifosi yang memadati stadion Armando Picchi membentangkan puluhan bendera kebangsaan Palestina di sisi Stadium. “Free Palestine!!” begitu yel-yel yang diteriakkan para tifosi Livorno di laga Piala UEFA tahun 2006 tersebut.

Yang unik, aksi Livorno ini dilakukan di laga melawan klub Israel, Maccabi Haifa. Di pihak lain, para pemain Israel jadi sasaran kegeraman pendukung Livorno.

Kendati para pemain Maccabi tidak ada kaitannya dengan tentara Israel, namun saat itu emosi para pendukung Livorno tidak terbendung. Walhasil, pesepakbola asal klub Israel itu harus menerima teror di kota Livorno, Italia, selama 90 menit laga.