Rabu, 21 November 2012

Tifosi Juventus: Hidup Perlawanan Gaza


Di sela-sela laga Liga Champions kontra Chelsea, sejumlah pendukung Juventus menunjukkan dukungannya terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Di beberapa penjuru Juventus Stadium, bendera kebangsaan Palestina dikibarkan. Tidak hanya itu, tifosi Juventus membentangkan spanduk raksasa bertuliskan: "Gaza Resisti!" (Perlawanan Gaza!) sebagai perlambang dukungan mereka atas perjuangan bangsa Palestina.


Apa yang ditunjukkan oleh pendukung Juventus ini juga menjadi bagian dari dukungan kalangan sepak bola terhadap perjuangan Palestina. Sebelumnya, di laga Liga Champions antara Glasgow celtic melawan Bercelona, sejumlah pendukung juga membawa bendera Palestina ke Stadion.

Selain tifosi Juventus di Italia juga masih ada kelompok pendukung Livorna yang dikenal sebagai pendukung setia perjuangan bagsa Palestina.

Juventus sendiri dikenal memiliki afiliasi kuat dengan sejumlah negara Arab. Bahkan Juventus disebut sebagai salah satu klub paling populer di jazirah Arab setelah sempat dimiliki sebagian sahamnya oleh mendiang Muammar Qaddafi.

Salah satu akun Twitter yang memakai nama #Gaza2012movement menyatakan kekagumannya pada atmosfer di Juventus Stadium yang dipenuhi bendera Palestina.

“Begitu banyak bendera Palestina di sekeliling Juventus Stadium, luar biasa,” begitu posting di akun twitter #Gaza2012movement.