Selasa, 20 November 2012

Citizen Journalism Miliki Peran Penting Bantu Gaza dan Palestina


Di era digital ini peran media memiliki peran penting dalam mendominasi opini di sebuah peperangan. Karena itu, masyarakat diharap tidak sampai buta dengan dunia jurnalis. Demikian menurut wartawan senior Antara, Aat Surya Syafaat.


"Saat ini dalam Undang-undang pers international sudah ada aturan mengenai citizen jurnalisme (jurnalisme warga, red)," jelas Aat Surya Syafaat kepada hidayatullah.com, usai konferensi pers di kantor MER-C Jakarta, Senin (19/11/2012).

Menurut Syafaat, citizen jurnalisme memberikan kesempatan kepada masyarakat sipil untuk memberitakan semua kejadian yang dilihatnya menjadi sebuah berita. Ia menilai peraturan pers ini harus menjadi acuan masyarakat dalam menuliskan tentang fakta kebejatan Israel di Jalur Gaza.

"Setiap masyarakat adalah wartawan, manfaatkanlah itu untuk membela Jalur Gaza dengan tulisan-tulisan kita," tegasnya lagi.

Ia juga meminta masyarakat untuk ikut melakukanlah riset, investigasi dan menggali fakta-fakta pelanggaran HAM Israel. Setelah itu, ikutlah menuliskan dalam sebuah artikel, opini ataupun tulisan feature yang menarik, ujarnya.

"Bayangkan Vietnam bisa menang melawan Amerika karena kekuatan opini media, seharusnya sekarang kita bisa melakukan hal yang sama dengan memaksimalkan citizen jurnalisme," tambahnya.

Syafaat juga menegaskan di setiap pena, laptop, handphone atau di setiap ruang di mana kita bisa menulis, maka menulislah. Kekuatan tulisan itu lebih berbahaya dari senjata militer, katanya lagi.*