Jumat, 31 Agustus 2012

Investor AS Kepincut Kopi Lombok

Investor asal Amerika Serikat (AS) berminat membangun pabrik kopi di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, karena menilai mutu komoditas perkebunan tersebut cukup baik.


Wakil Bupati Lombok Utara H Najmul Ahyar di Tanjung, Kamis (30/8) mengatakan, beberapa hari lalu pihaknya menerima kunjungan pengusaha pengolahan kopi dari Amerika yang menyatakan berminat membangun pabrik pengolahan biji kopi.

"Pengusaha kopi asal Amerika tersebut membawa contoh biji kopi dari Kalimantan dan Sumatera, setelah melihat contoh biji kopi dari Monggal, Kabupaten Lombok Utara ternyata pengusaha itu memilih kopi Monggal, karena dinilai mutunya lebih baik dan produksinya melimpah," katanya. Karena itu, katanya, investor asal Amerika itu menyatakan berminat membangun pabrik pengelolahan kopi di Lombok Utara.

"Kita memberikan peluang sebesar-besarnya bagi investor untuk membuka usaha di Lombok Utara terutama untuk pengolahan komoditas perkebunan, karena selama ini hampir semua hasil bumi dijual berupa bahan baku dengan harga relatif rendah," katanya. Menurut Najmul, produksi cengkeh, kakao, kacang mete, kopi dan komoditas perkebunan lainnya tidak ada yang diproses minimal menjadi barang setengah jadi.

Karena itu, katanya, pihaknya menyambut baik kehadiran pengusaha asal Amerika yang berminat membangun pabrik pengolahan kopi di Lombok Utara. Ini akan memberikan nilai tambah bagi petani.

"Selain membangun pabrik pengolahan kopi pengusaha asal Amerika tersebut juga akan mengembangkan tanaman kopi. Di Lombok Utara tersedia lahan cukup luas untuk pengembangan tanaman kopi," katanya.