Selasa, 21 Agustus 2012

Stasiun TV Muslim Rusia Resmi Mengudara

Stasiun televisi Muslim pertama Rusia, AI-RTV akhirnya mengudara secara resmi Ahad, (19/8), setelah selama setahun melakukan siaran ujicoba. Stasiun televisi tersebut membidik pemuda Muslim Rusia sebagai target siaran.


Rustam Arfjanov, Pemimpin redaksi AI-RTV, mengatakan Rusia tidak memiliki saluran televisi nasional yang didedikasikan untuk umat Islam. Selama ini, hanya ada siaran televisi Islam lokal dengan jangkauan terbatas.

"Jadi, ada permintaan untuk membentuk saluran televisi nasional dengan konten Islam," kata dia seperti dikutip rferl.org, Ahad (19/8). Menurut Rustan, target siaran tidak hanya menyasar untuk kalangan Rusia saja tetapi juga negara-negara yang terhubung dengan dunia Islam seperti Arab, Indonesia dan Turki.

 Produser Al-RTV, Timur Bulgakov memastikan isi konten beragam, obyektif dan informatif. "Saya kira, ini merupakan upaya perdana meski ada banyak saluran televisi Islam di Bashkortostan, Daghestan, Chechnya, wilayah tengah Rusia, Nizhny Novgorod, dan Povolzhye, "kata Bulgakov.

 Wakil Kepala Direktorat Agama Islam Rusia untuk Wilayah Eropa, Damir Mukhitdinov mengatakan dewan khusus telah dibentuk guna mengawasi setiap tayangannya.  

"Dewan tersebut terdiri dari Mufti Moskow dan Wilayah Tengah Rusia,  Elbir Krganov, Kepala administrasi Islam wilayah Mordovia, Fehim Shafiev, dan Perwakilan Muslim Kauskasus Utara, Shefik Pshikhachev,"kata Mukhitdinov.

AI-RTV sudah diperkenalkan sejak Juli tahun ini  oleh Direktorat Agama Islam Rusia untuk Wilayah Eropa. Nantinya, Al-RTV akan  tayang di jaringan televisi satelit terbesar Rusia, Tricolor.