Jumat, 14 September 2012

Walikota Termuda Dunia Terima Penghargaan di Jakarta


Walikota termuda di dunia asal Palestina, Bashaer Othman, tengah mengunjungi Indonesia. Bashaer yang menjabat Walikota Allar selama dua bulan itu mengunjungi sejumlah tempat di Indonesia. Salah satunya ke Gedung DPR RI.


Bahkan, Bashaer yang masih berusia 16 tahun itu juga mendapat penghargaan "The World Youngest Mayor Award" dari Royal World Records. Lembaga itu bekerja sama dengan World Peace Movement, Pasaraya, dan didukung oleh Kedutaan Besar Palestina di Jakarta. Penghargaan itu diberikan di Pasaraya Blok M, Jakarta, Kamis 13 September 2012.

Dalam pemberian hadir sejumlah tokoh, salah satunya Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Juga hadir perwakilan dari Royal World Records, Ron Mullers dan Direktur Pasaraya, Medina L Harjani.

Ron Mullers mengatakan, penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas apa yang dilakukan oleh Palestina dan apa yang telah dikerjakan dengan baik oleh Bashaer Othman sebagai Walikota Allar. "Apa yang dia kerjakan akan menginspirasi anak-anak muda Palestina dan di dunia," kata Ron.

Ron juga mengungkapkan, Bashaer sebagai Walikota termuda, juga dapat memberikan inspirasi bagi kalangan muda di Indonesia. "Apa yang ditunjukkan Bashaer bisa menginspirasi anak-anak muda, khususnya para pelajar di Indonesia," kata Ron lagi.

Medina Harjani menambahkan, kehadiran Bashaer penting untuk menginspirasi anak-anak muda Indonesia. "Dan penting dalam mempererat hubungan baik Indonesia dan Palestina serta mempromosikan pesan perdamaian," ujar dia.

Bashaer Othman adalah remaja putri berusia 16 tahun. Ia menjabat Walikota Allar, salah satu kota berpenduduk 8.000 jiwa di Tepi Barat Palestina. Bashaer adalah anak muda Palestina pertama yang mengenyam Yesark Youth Program (YYP) yang dilaksanakan di seluruh Palestina.

Program YYP memberi kesempatan bagi anak-anak muda Palestina untuk terlibat dalam kegiatan sehari-hari di pemerintahan lokal di Palestona. Bashaer dilantik menjadi Walikota Allar pada 2 Juli 2012 dan berakhir pada 21 September 2012.

Selama dua bulan menjabat Walikota, Bashaer memiliki kewenangan resmi seperti menandatangani dokumen-dokumen, memimpin rapat, mengambil keputusan, dan sampai batas tertentu memiliki kewenangan dalam hal keuangan.

Selama dua bulan itu, Bashaer disupervisi oleh Walikota sebenarnya, Sufian Shadid. Dan sampai saat ini, Bashaer tercatat sebagai Walikota Termuda di dunia. (ren)