Minggu, 24 Juni 2012

Ubah pesan tulis Anda ke pesan suara dengan menggunakan uWhisp

Masih ingatkah Anda dengan fitur voice message yang mempersilakan seseorang untuk meninggalkan pesan suara di mesin penjawab telepon? Pasti kebanyakan dari Anda masih ingat akan fitur tersebut. Mesin penjawab sekaligus perekam pesan suara sangat banyak digunakan oleh kebanyakan orang-orang di belahan barat bumi ini.


Dengan kemajuan teknologi sekarang ini, banyak orang yang menggunakan email atau situs jejaring sosial untuk mengirimkan pesan secara online atau offline. Namun, apa jadinya apabila pesan-pesan tersebut tidak lagi hanya sebatas sederet kata saja melainkan sebuah voice message? Menarik tentunya bukan?

Sebuah startup bernama uWhisp telah menciptakan satu fitur yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan suara ke situs jejaring sosial. Pencipta dari situs ini adalah Luri Aranda, Joan Casas, Miquel Las Heras, dan Miquel Puig.

Mereka adalah lulusan dari UPC Barcelona School of Informatics. Mereka menjelaskan bahwa setelah terhubung dengan situs uWhisp, maka penggunanya dapat secara langsung merekam suara pribadi dan dikirimkan ke Facebook atau Twitter penerima yang dikehendaki.

Selain dapat menciptakan account baru di situsnya, uWhisp juga dapat terkoneksi secara langsung dengan menggunakan account Facebook atau Twitter. Pesan suara yang dikirimkan akan muncul di wall sang penerima mirip dengan tampilan video streaming.

Menurut Ubergizmo.com, setelah merekam suara dan sebelum mengirimkannya ke orang yang dikehendaki, pesan suara tersebut akan tersimpan secara otomatis di local audio file. Tujuan penyimpanan otomatis ini untuk mengetahui apakah pesan tersebut sudah benar atau tidak. Penggunanya dapat mendengarkan kembali pesan suara yang direkam sebelum mengirimkannya.

Selain sebagai situs baru, uWhisp juga dapat dibilang sebagai plugin yang harus diunduh terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Namun, tidak semua browser kompatibel dengan uWhisp. Kekurangan yang lain, untuk sementara uWhisp hanya dapat dinikmati oleh pengguna PC saja.

Tampilan situs ini cukup simple, karena hanya terdapat beberapa panel saja yang dapat menghubungkan penggunanya ke halaman-halaman lain di dalam situsnya. Untuk memulainya, Anda dapat menekan panel yang bertuliskan Create Account atau apabila telah mempunyai account di uWhisp, maka Anda dapat langsung menekan panel login di bagian atas kanan.

Seperti yang dituliskan di Gizmag.com, pengembang dari uWhisp sedang merancang versi yang dapat digunakan oleh pengguna iPhone atau handset berbasis Android. Tertarik? Silakan mengunjungi situs resminya.