Selasa, 17 Juli 2012

Walikota Depok Jajal Mobil Listrik Nasional ‘Ahmadi’

Wali Kota Depok, Nur Mahmudi Ismail akan menguji kekuatan mobil listrik hasil karya warga Depok, Dasep Ahmadi. Nur Mahmudi  menjajal mobil tersebut sejauh 5 kilometer, Jumat 13 Juli 2012.


Rencananya, mobil berkekuatan 50 Kw itu dikemudikan Nur Mahmudi  langsung dari tempat pembuatannya, di PT. Sarimas Ahmadi Pratama, Jalan Jatimulya No 52, Kampung Sawah, Depok, menuju Balaikota tempatnya berkantor.

Berdasarkan pantauan, sejumlah teknisi masih terus melakukan pengujian. Nur Mahmudi mengaku yakin jika program uji coba tersebut berjalan lancar. Menurutnya, selain ramah lingkungan mobil itu bermanfaat dalam menopang perekonomian nasional. “Insya Allah jika tidak ada hambatan, saya sendiri yang akan membawanya. Saya sangat mendukung program ini,” kata dia.

Kemampuan mobil listrik itu bisa menempuh 150 Km untuk satu kali strum atau jarak Jakarta-Bandung. Mobil ini diperkuat baterai lithium ion sebanyak 36 buah dengan kapasitas baterai yang mencapai 21 kWh yang mampu berjalan hingga sejauh 130 kilometer dengan sekali isi.

Mobil listrik nasional tersebut sangat fleksibel dan bisa melakukan pengisian di rumah dengan tegangan 220 V dan hanya membutuhkan waktu 4-5 jam hingga baterai tersisi penuh. Sementara dengan cara sistem cepat hanya membutuhkan waktu 30 menit pada tegangan 220 V.

Nur Mahmudi menyetir sendiri mobil tersebut dari pabrik PT Sinar Mas Ahmadi Pratama, Kalimulya, Cilodong, menuju Balaikota di Jalan Raya Margonda Depok, Jumat (13/7/2012). Ia didampingi sang perintis mobil, Dasep Ahmadi.

“Stabil dan nyaman. Hanya AC-nya yang kurang,” kata Nur Mahmudi usai menjajal mobil tersebut.

Walikota dari PKS ini menambahkan, mobil Ahmadi sesuai untuk warga perkotaan karena ramping, hemat energi, dan ramah lingkungan. Dia memperkirakan mobil tersebut bisa diterima masyarakat apalagi jika harganya cukup terjangkau.

“Saya siap menggunakannya sebagai mobil dinas. Kalau perlu mobil dinas Pemkot (Depok), pakai mobil ini juga nantinya,” jelasnya.

Mobil berwarna hijau tersebut dikembalikan ke pabrik sore ini. Di pabriknya, tim terus berupaya menyempurnakan kualitas mobil dan finishing terhadap dua mobil lainnya. Tiga mobil pertama direncanakan diluncurkan Agustus 2012 mendatang.

Mobil tersebut digadang-gadang Menteri BUMN Dahlan Iskan bakal sebagai mobil nasional berkualitas. Mantan Dirut PLN ini menamai mobil tersebut ‘Ahmadi’.