Kamis, 25 Oktober 2012

Oposisi Suriah Kendalikan Mortar Dengan Stik Play Station


Pasukan oposisi Suriah tampaknya tidak kehilangan akal untuk menghalau serangan dari militer pemerintahan Basyar al-Assad. Walaupun persenjataan minim, oposisi akhirnya membuat senjata rakitan dari bahan apa saja, termasuk membuat peluncur mortar dari stik playstation.


Statiun televisi Al Arabiya melaporkan, Rabu (24/10), kemampuan luar biasa ini lantaran oposisi mempunyai teknisi mantan peneliti yakni Abu al-Fadhel. Dia dan beberapa lainnya mampu membuat ratusan senjata rakitan setiap harinya.

Fadhel mengatakan dia pernah bekerja sebagai teknisi pasukan Suriah dibawah pemerintahan Presiden Hafez al-Assad, tiga dekade lalu. Sejak revolusi di Suriah meletup hampir dua tahun, dia lebih memilih bergabung dengan pasukan oposisi untuk menggulingkan rezim pemerintahan. “Saya bergabung lantaran bukan ingin sekadar membuat senjata, tapi saya ingin melawan rezim tirani yang tidak adil terhadap rakyatnya. Mereka juga membunuh anak-anak dan kaum perempuan,” ujar Fadhel dalam suatu wawancara dengan salah satu media.

Dia menjelaskan alasan kenapa pasukan oposisi membuat senjata rakitan karena tidak adanya bantuan persenjataan. Dia mengatakan senjata rakitan memang tidak sempurna dan terkadang gagal mengenai sasaran.

Saksi tidak disebutkan identitasnya dari Kota Aleppo mengatakan telah melihat pasukan oposisi sedang mengisi mortir dengan aki mobil dan menembakkannya melalui perangkat permainan keluaran Sony Playstation.

Konflik bersenjata Suriah menyebabkan angka kajahatan dan pencurian meningkat. Hingga kini lebih dari dua juta telah mengungsi dan ribuan orang tewas sebab bentrokan itu.

sumber