Rabu, 14 Maret 2012

Pengamat: Sekolah Berlabel RSBI Patut Dievaluasi

Adanya keluhan dari masyarakat atas mahalnya biaya di sekolah berlabel Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI), ditambah penjaminan mutu di dalamnya yang kurang memadai dinilai perlu ditindaklanjuti.


“RSBI memang patut dievaluasi. Untuk sekolah RSBI yang patut menjadi ukuran salah satunya adanya penjaminan mutu. Tetapi yang terjadi di lapangan masih banyak sekolah yang berlabel RSBI belum memadai,” kata pengamat pendidikan yang juga sebagai Pembantu Rektor Bidang Akademik dan Hubungan Internasional UPI Furqon saat ditemui INILAH.COM di kantornya, Jalan Setiabudhi Kota Bandung, Sabtu (18/2/2012).

Furqon mengatakan RSBI hendaknya jangan hanya menekankan biaya yang mahal, tetapi harus disertai juga dengan kualitas pendidikan yang mumpuni.

Dalam memperoleh pendidikan yang berkualitas, lanjutnya, memang diperlukan biaya yang cukup tinggi. Namun hal itu, tentunya harus dengan diimbangi dengan fasilitas serta kualitas sekolah dan lulusannya.

“Untuk menujang hal tersebut perlu adanya support dari pemerintah agar RSBI tidak ditempati orang-orang menengah ke atas saja,” tegasnya.[jul]
Sumber  http://www.inilahjabar.com