Jumat, 23 Maret 2012

Inilah Penyebab Anak Yahudi Berubah Jadi 'Monster' bagi Rakyat Palestina

Nurit Peled-Elhanan
Mengapa anak-anak Yahudi yang lugu dapat berubah menjadi ‘monster’ ketika berhadapan dengan warga Palestina? 'Palestine in Israeli School Books: Ideology and Propaganda in Education', buku yang akan dirilis pada akhir bulan ini, menguak penyebab perubahan pada anak-anak Yahudi tersebut.


Buku karya Profesor Nurit Peled-Elhanan itu menyebut buku-buku pelajaran di sekolah Israel berisikan ajaran anti-Palestina. Israel melakukan pendekatan agresif dalam sistem pendidikannya.

''Buku-buku di sekolah Israel berisi ajaran anti Palestina dengan pendekatan yang sangat agresif sejak tahun 1990,'' kata Peled-Elhanan seperti dikutip situs Al Arabiya. ''Pendekatan ini diajarkan kepada siswa sekolah Yahudi agar mereka memiliki sikap permusuhan terhadap Palestina ketika mereka menjadi tentara kelak.''

Peled-Elhanan, yang juga seorang profesor Universitas Hebrew, melakukan penelitian terhadap puluhan buku sekolah Israel yang diterbitkan sejak tahun sembilan puluhan. Hasil penelitian tersebut yang dijadikan dasar dalam pembuatan buku terbarunya itu.


"Saya cari alasan mengapa anak laki-laki Yahudi yang baik-baik bisa berubah menjadi monster ketika mereka bergabung dengan tentara," kata Peled-Elhanan. ''Mereka tidak pernah bertemu secara tatap wajah dengan warga Palestina sewaktu mereka masih anak-anak. Mereka hanya mengenal semua buku teks doktrin kebencian tersebut.''

Sumber http://www.republika.co.id