Rabu, 20 Februari 2013

Canggih, Komputer Anti-”Crash” Bisa Pulihkan Diri Sendiri


Baru-baru ini para peneliti di University College London, Inggris, menggarap sebuah komputer yang dapat memperbaiki dirinya sendiri. Komputer ini bisa menghindari terjadinya crash, dan akan langsung melakukan pemulihan dan memperbaiki data yang rusak.


Hal ini seperti yang ditulis dalam laporan mereka di majalah ilmiah New Scientist. Para peneliti tersebut menyebut komputer buatan mereka menggunakan basis “chaos of the natural world”.

Mereka mengklaim cara ini sangat berbeda secara signifikan dari cara linear pada komputer konvensional, melalui serangkaian instruksi. Tak seperti cara kerja PC yang harus melalui input dari setiap program yang berjalan, teknologi “systemic self-repairing computer” malah meniru cara alam bereaksi menghadapi tantangan.

 “Proses ini terdistribusi, terdesentralisasi, dan probabilistik. Dan mereka bisa ‘menyembuhkan diri’. Sebuah komputer harus bisa melakukan itu,” ujar salah satu peneliti bernama Peter Bentley, seperti dikutip PC Pro, Selasa (19/2).

Komputer ini menggabungkan instruksi dengan data yang diterimanya, sehingga dapat mengadaptasi petunjuk untuk mencocokkan diri dengan perubahan keadaan. Prototype yang belum bernama ini juga dapat menggunakan data lingkungan, seperti menghubungkan suhu di luar dengan cara bereaksi ketika kondisi terlalu panas.

Saat komputer sudah bisa menghitung bagaimana reaksi terhadap skenario semacam itu, hasilnya dibagi antara sistem yang terpisah dalam komputer dengan yang diperlukan komputer sebagai elemen individu.

Para peneliti itu menyebut sifat terdistribusi pada sistem ini adalah kuncinya. Pasalnya, komputer mengandung beberapa salinan instruksi yang didistribusikan di banyak sistem. ”Jadi jika salah satu sistem rusak, komputer dapat mengakses salinan lain yang masih bersih untuk memperbaiki kode sendiri,” tulis mereka.

Hasilnya, komputer buatan mereka diklaim dapat mencegah crash dan rendering screen of death. Sistem akan mengakses data dari sistem lain dalam dirinya untuk melakukan pemulihan dan koreksi data.