Sabtu, 15 Oktober 2011

Sjafruddin Prawiranegara, Tokoh Kontroversial Sekaligus Menkeu Paling Miskin


 
Mr Sjafruddin Prawiranegara adalah mantan Menteri Keuangan Indonesia yang dikenal dengan kebijakan tegas, cepat dan berani. Alhasil, dimasa itu, ketiga hal tadi menjadikan Mr Sjafruddin sebagai tokoh kontroversial.


"Beliau sosok yang tegas, berani, bijak, harus dijadikan teladan bagi generasi bangsa. Beliau merupakan pemberi warna roda ekonomi Indonesia hingga kini," papar Plt Sekjen Kemenkeu, KA Badaruddin, dalam sambutannya di acara bedah buku Mr. Sjafruddin Prawiranegara : Pemimpin Bangsa dalam Pusaran Sejarah di Jakarta, Sabtu (15/10).

Baddaruddin mengatakan, sebagai mantan menkeu, beliau memiliki dedikasi yang tinggi dalam menjalankan tugas. Sikap tersebut patut ditiru, beliau sosok yang bersih dari korupsi.

"Oleh jajaran menteri Keuangan, beliau boleh dibilang Menkeu yang relatif miskin. Ini yang harus menjadi contoh kepada anak bangsa," kata dia.

Mr. Sjafruddin Prawiranegara merupakan salah satu tokoh nasional di masa kemerdekaan. Beliau sempat menjabat Presiden PDRI, dimasa agresi militer Belanda. Selepas pengakuan kedaulatan penuh, Mr Sjafruddin sempat menjabat Menteri Keuangan dan Wakil Perdana Menteri era RIS.

Sumber   http://www.republika.co.id