Senin, 24 Oktober 2011

Mantan Waria Bingung Pakai Ihram

Tak hanya orang biasa yang kerepotan ketika pertama kali memakai kain ihram, bagi mantan waria, Sukisno, juga merasa ribet ketika hendak memakaninya, Penguasaha sukses pemilik Salon Novi di Bojonegoro kebingungan ketika hendak memakai pakaian yang hanya dua terdiri dari dua lembar kain putih  itu.



Para jurnalis yang meliput haji, pun sudah menunggu sejak sore hari Ahad (23/10). Ini  karena menurut jadwal pesawat yang mengangkut Sukisno dan bapaknya tiba di Jeddah sekira pukul 16.30 waktu Arab Saudi (20.30 WIB). Dua jam menunggu, akhirnya rombongan kloter 61 embarkasi Surabaya mulai berdatangan ke Plasa bandara, tempat jamaah haji Indonesia menunggu selesainya proses imigrasu.
Pria yang berjalan ‘agak gemulai’ ini tampak terus menggandeng bapaknya hingga ke salah satu bagian plasa bandara. Pria yang lebih banyak diam  ini, awalnya agak kebingungan mengenakan kain ihram. Dia tak bertanya kepada seorang pun di dalam kloternya, hingga salah satu wartawan membantunya mengenakan kain ihram.

Yang unik, dalam memakai kain ihram, Sukisno tetap menutup sebagian besar atas badannya dengan kain ihram. Berbeda dengan pria lainnya yang kebanyakan santai membuka bajuya di plasa bandara, bahkan di antaranya ada yang hanya mengenakan handuk selepas dari toilet untuk mengenakan kain ihram. Untuk pria kain ihram seharusnya terbuka di salah satu bagian badannya, tapi Sukisno tidak.

Tak hanya menyita perhatian wartawan, Sukisno juga menjadi perhatian sejumlah petugas PPIH yang akhirnya ‘mengenal’ Sukisno. Bahkan, di antaranya adalah yang mengabadikan Sukisno dengan ponselnya. Saat hendak ke toilet, Sukisno tak pernah lepas menggandeng bapaknya yang sudah sepuh. Dia juga kemudian melaksanakan salat dengan bapaknya di mushalla pria, berjamaah dengan calon jamaah haji pria lainnya.

Seolah cuek dengan perhatian wartawan, Sukisno tampak khusyuk melakukan salat magrib. “Sudah Mas, kasihan dari Tanah Air dikejar wartawan terus,” kata seorang ibu yang satu kloter dengan Sukisno saat hendak memasuki mushalla pria. Dia memperingatkan wartawan yang masih mengambil gambar saat Sukisno salat.

Tapi ketika memperingatkan ini ibu tersebut tidak sadar kalau di masuk ke bgaian mushala pria. “Bu, ibu salah masuk. Itu mushalla pria,”  celetuk wartawan. Ibu itu pun kemudian menengok ke kanan-kiri . Sambil tersipu malu ia ke luar untuk pergi masuk mushalla wanita.

sumber  http://www.republika.co.id