Selasa, 18 Oktober 2011

'Big Ben' di Makkah Ternyata Rancangan Orang Malaysia

Menara jam Makkah Royal Hotel atau Abraj Al-Bait yang menghadap Masjidil Haram ternyata dirancang oleh warga Malaysia. Wan Nazri Wan Aria (31), seorang insinyur dari Malaysia yang bekerja pada perusahaan Jerman, SL Rasch ini bertanggungjawab untuk mendesain jam yang diyakini terbesar di dunia itu.


Wan Nazri adalah kelahiran Melaka Malaysia yang kuliah di Universits Stuttgart Jerman. Sebelumnya, ia menuntut ilmu di Universitas Teknologi Mara pada tahun 2002.

Menara setinggi 601 meter dengan jam setinggi 251 meter ini merupakan jam tertinggi dan terbesar di dunia saat ini. Jam ini mengalahkan jam di istana kebudayaan dan ilmu pengetahuan di Warsawa, Polandia, dan menara jam Ann-Bradley di Milwaukee, Amerika Serikat. "Menara ini tiga kali lebih besar dibandingkan Big Ben di London," kata Wan Narzi.

Menara raksasa ini bisa terlihat sejauh 17 kilometer ketika malam hari dan 12 kilometer ketia siang hari. Dua juta lampu LED dibawah jam dinyalakan lima kali sehari sebagai pertanda waktu shalat.  Lampu ini bisa terlihat terangnya sampai 28 kilometer.

Jam dibuat dalam empat bagian. Di permukaan jamnya, akan dihias dengan 90 juta keping kaca.  Menghabiskan biaya sekitar 3 miliar dolar AS, proyek ini ditargetkan selesai Februari tahun depan.
Sumber http://www.republika.co.id