Sabtu, 17 Desember 2011

TV QD, Bisa Digulung dan Dibawa ke Mana Saja

Teknologi QD (ist)
Layar televisi yang sangat tipis, bahkan digulung sehingga bisa dibawa ke mana-mana, akan segera menjadi kenyataan.

Ilmuwan di Inggris mengembangkan bahan kristal penghasil cahaya baru yang dikenal sebagai quantum dots (QD). Bahan ini bisa digunakan untuk memproduksi TV super tipis.


Saking tipisnya, bahan kristal yang dikembangkan para ilmuwan itu disebut-sebut 100 ribu kali lebih kecil dibandingkan rambut manusia. Kristal ini juga bisa dicetak di lembaran plastik fleksibel untuk memproduksi display setipis kertas yang bisa mudah dibawa.

Karena setipis kertas, seperti dikutip detikINET dari Telegraph, Rabu (14/12/2011), layar TV ini bahkan bisa juga dijadikan wallpaper dinding untuk menciptakan layar raksasa seukuran sebuah ruangan.

Para ilmuwan yang mengembangkannya berharap, TV QD pertama bisa segera tersedia di pasaran akhir tahun depan. Sementara untuk versi TV QD yang lebih fleksibel diperkirakan masih membutuhkan waktu setidaknya tiga tahun lalu untuk mendarat di pasar.

"Kami bekerja sama dengan sejumlah perusahaan elektronik Asia. Produk pertama yang datang ke pasar menggunakan teknologi QD akan menjadi generasi terbaru TV layar datar," kata Michael Edelman salah satu ilmuwan dari Manchester University yang turut dalam pengembangan jenis layar ini.

Disebutkannya, keuntungan nyata dari QD adalah bahan ini bisa dicetak di lembaran plastik yang bisa digulung. Keunggulan ini menjadikan sebuah gadget yang menggunakan layar QD akan menjadi sangat portabel dan personal.

Sumber http://www.detikinet.com