Kamis, 03 November 2011

Proses Pembentukan Pemimpin Sejati

 
PEMIMPIN adalah seorang yang bisa mempengaruhi orang, baik individu maupun kelompok. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama.


Namun hanya sedikit orang yang terlahir teah membawa bakat kepemimpinan. Banyak faktor yang mempengaruhi keterbentukan karakteristik seorang pemimpin.

Henry Pratt Faiechild dalam buku Kartini Kartono (1994 : 33) mengungkapkan, pemimpin dalam pengertian ialah seorang yang dengan jalan memprakarsai tingkah laku sosial dengan mengatur, mengarahkan, mengorganisir atau mengontrol usaha/upaya orang lain atau melalui prestise, kekuasaan dan posisi.
Dalam pengertian yang terbatas, pemimpin ialah seorang yang membimbing, memimpin dengan bantuan kualitas-kualitas persuasifnya dan akseptansi/ penerimaan secara sukarela oleh para pengikutnya.
Inilah beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan kepemimpinan:

Faktor Individu
Faktor individu adalah faktor yang dipengaruhi oleh kepribadian, tingkah laku, karakteristik sifat, motivasi, tanggung jawab, dan berwawasan luas. Seorang pemimpin harus mempunyai setiap hal yang telah disebutkan di atas mwerupakan orang yang siap menjadi pemimpin dan menjadi panutan bagi masyarakat di sekitarnya.

Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan adalah faktor yang terbentuk dari keluarga, teman kerja, tetangga, dan masyarakat luas. Faktor ini adalah pendukung tetapi juga penting untuk seseorang yang ingin menjadi pemimpin, karena keluarga, teman kerja dan masyarakat adalah bagian dari hidup orang tersebut. Tempat dimana ia bisa menumpahkan isi hatinya, ide kreatifnya untuk membuat suatu terobosan terbaru, dan lainnya.

Faktor Sosial
Faktor sosial adalah faktor dimana kita sebagai individu harus bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, misalnya dengan keluarga, teman kerja, dan masyarakat sekitar. Dengan lebih bisa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya, orang tersebut akan bisa lebih menempatkan diri pada segala situasi dan bisa mengerti perasaan orang sekitar kita.

Sebuah proses pembentukan mentalitas dan kapasitas merupakan faktor yang perlu diperhatikan untuk menjadi seorang pemimpin yang bisa menjadi pimpinan dan sahabat bagi orang disekitarnya. Sangat jarang ada orang yang terlahir dengan karakter yang sempurna.

sumber http://suaramerdeka.com