Selasa, 08 November 2011

SOINN, Robot yang Bisa Beradaptasi Dengan Lingkungan

Ilmuwan Jepang telah menciptakan robot sangat unik yang bisa bereaksi dan beradaptasi dengan situasi yang baru di sekitarnya, berdasarkan apa yang pernah ia pelajari sebelumnya. Robot yang diberi nama Self-Organizing Incremental Neural Network (SOINN), seolah punya "otak" layaknya manusia, sehingga bisa membuatnya belajar, berpikir dan bereaksi sendiri.


Dalam demonstrasi yang dipertontonkan, SOINN mampu melakukan tugas seperti misalnya menuang air dan meletakkan es batu pada sebuah cangkir.

Bukan hanya mampu melakukan pekerjaan layaknya manusia seperti kita, robot SOINN inipun mampu mengatur ritme pekerjaannya, jika ia diberi tugas meletakkan atau memindahkan banyak benda. Jadi robot inipun akan berpikir untuk melakukan sebuah pekerjaan berdasarkan apa yang ia pernah ia lakukan sebelumnya, atau ia akan menolak tugas yang memang tidak bisa dia lakukan.

SOINN bisa berpikir seperti manusia sehingga bisa mengerjakan segala sesuatu dengan situasi dan kondisi yang ada. Kemampuan SOINN seperti ini belum pernah ada pada robot-robot yang pernah diciptakan sebelumnya. Pendek kata, Robot SOINN yang dikembangkan oleh Hasegawa Group di Tokyo Institute of Technology ini, diciptakan agar bisa berpikir seperti manusia. (robots.net/mla)


sumber http://tekno.liputan6.com