Senin, 21 November 2011

Anak Medan Juara Olimpiade Robot di Dubai


Illustrasi robot (sumber: JG Photo)
Robot hasil rakitan dari Mikroskil Robotic Center Medan juara III di Dubai.

Tiga anak Indonesia menjadi juara III untuk "Regular Category Junior High School" dalam olimpiade robot "World Robotic Olympiad (WRO) 2012" di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE).


Siaran pers KBRI Abu Dhabi hari ini melaporkan robot hasil rakitan Leonardi, Yusuf Juan dan Rizki Akbar yang berasal dari Mikroskil Robotic Center Medan itu berhasil menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh panitia.

Tantangan yang dimaksud adalah menaiki tangga dengan ketinggian berbeda sambil membawa sebutir telur tanpa pecah hingga ke puncak tangga.

Dalam kejuaraan kali ini, Indonesia diwakili oleh 35 anak dari berbagai sekolah yang dikoordinasikan oleh Mikrobot Indonesia.

Walaupun tidak meraih piala, Tim Indonesia yang menampilkan robot pembersih laut yang tercemar oleh minyak bernama "Bonyak" cukup mendapat perhatian dari para pengunjung.

Kesuksesan lain yang diraih oleh Indonesia adalah dipilihnya Indonesia sebagai tuan rumah untuk WRO 2013 yang diumumkan secara resmi pada penutupan, Minggu (20/11).

Dubes RI untuk UAE, M. Wahid Supriyadi, menyatakan prestasi anak-anak Indonesia ini memberikan citra yang positif bagi Indonesia.

"Prestasi ini menunjukkan kepada publik internasional bahwa anak-anak Indonesia memiliki kecakapan dan inteligensi yang tinggi," katanya.

Keberhasilan Indonesia sebagai tuan rumah WRO 2013 dipastikan juga akan memberikan kontribusi bagi citra positif Indonesia di mata dunia internasional.

WRO 2013 juga memberi peluang bagi Indonesia untuk mempromosikan MICE (meeting, incentive, convention, exhibition), pariwisata, dan budaya, karena lomba ini akan diikuti oleh ribuan orang, mulai dari murid, orangtua, guru dan lembaga-lembaga yang mendukung keikutsertaan setiap negara.

Diperkirakan WRO 2013 akan diikuti sekitar 3.000 peserta dari 36 negara dan akan ada kategori tingkat universitas untuk pertama kalinya.

Bambang Rusli, selaku pimpinan Mikrobot Indonesia, mengharapkan dukungan penuh dari Pemerintah Indonesia untuk mensukseskan WRO 2013 yang rencananya diselenggarakan di Jakarta.

Ia berharap WRO 2013 akan diikuti lebih banyak peserta dari mancanegara.

Ditambahkan, kehadiran Dubes RI pada proses "bidding" berhasil memberikan keyakinan pada panitia WRO bahwa Pemerintah telah memberikan komitmen penuh bagi terselenggaranya WRO 2013 di Indonesia.

Sumber http://www.beritasatu.com