Jumat, 24 Februari 2012

Buat Artikel, Mahasiswa Akan Terima Reward

Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DP2M Dikti) menyediakan reward atau penghargaan untuk setiap artikel yang dibuat mahasiswa.

Hal itu sesuai Program Kreativitas Mahasiswa-Artikel Ilmiah (PKM-AI) dengan syarat, kualitas artikel layak diterbitkan di jurnal ilmiah mahasiswa atau e-jurnal milik Dikti.


Pembina program kreatifitas mahasiswa (PKM) Unnes, Tommi Yuniawan mengatakan, PKM-AI merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari suatu kegiatan mahasiswa dalam pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukannya sendiri, baik berupa KKN, PKL, PPL KKL, atau laporan-laporan yang bersifat akademik.

"Cara menulis PKM ini mengacu pedoman 2011 dan bersumber pada kegiatan akademik mahasiswa, seperti KKN, PKL, PPL, KKL," ucapnya ketika menjadi narasumber workshop Wujudkan Karya Intelektual Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) melalui Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tulis (PKM-GT), di kampus Unnes Sekaran, Jumat (24/2).

Lebih lanjut dia menjelaskan, berbeda dengan PKM lainnya, penyusunan artikel pada PKM-AI tidak perlu menyertakan rincian biaya. Sebab, artikel yang diusulkan hanya perlu mengikuti kelaziman kaidah penulisan suatu jurnal ilmiah.

"Dikti nanti akan mereview, dan bagi karya yang lolos akan dimuat di e-journal milik Dikti dan mendapatkan reword uang sebesar Rp 3 juta," ungkapnya.

Sumber  http://www.suaramerdeka.com