Selasa, 03 Januari 2012

Joko Widodo Gunakan Mobil Dinas Rakitan Anak SMK

Mobil dinas baru Wali Kota Surakarta Joko Widodo bukanlah  mobil mewah keluaran Jepang, Eropa, atau Amerika Serikat, tapi buatan siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Surakarta. Mobil bermerek KiatSMK tersebut berwarna  hitam dengan kategori sport utility vehicle (SUV), berkandungan komponen Indonesia 80 persen.


Bagian depan mobil dengan kapasitas mesin 1.500 cc ini mirip Honda CRV, bagian samping dan belakang seperti Ford Everest. “Inspirasinya, Toyota Prado,” kata Sukiyat, pemilik Kiat Motor, sekaligus pembimbing perakitan mobil tersebut, Senin, 2 Januari 2012.

Sukiyat, selama dua  bulan terakhir  mendampingi siswa SMK 2 dan SMK Warga  merakit mobil di bengkelnya. Dia memuji kemampuan siswa yang berhasil merakit mobil yang kualitasnya tidak kalah dengan buatan Jepang atau Korea Selatan. Biaya perakitan mobil Rp 350 juta per unit dibiayai oleh Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Apresiasi tinggi diberikan Wali Kota Solo, Joko Widodo, terhadap karya anak bangsa. Jokowi (sapaan akrab Joko Widodo) akan menggunakan mobil hasil buatan siswa SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta sebagai mobil operasional sehari-hari.

Penyerahan dua unit mobil Esemka Rajawali ini dilakukan Senin (2/1/2012) pukul 10.00 sampai 12.00 WIB di kantor Balaikota Solo. Acara penyerahan ini dihadiri Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Surakarta Susanta dan Kepala Sekolah SMK Warga Surakarta Heru Munandar.

“Pagi ini diserahkan dua unit mobil Esemka Rajawali untuk Bapak Walikota Joko Widodo dan Wakil Walikota Solo. Mobil ini hasil rakitan SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Warga Surakarta,” jelas Kasmadi, Humas SMK Negeri 2 Surakarta kepada Okezone melalui sambungan telepon.

“Mulai hari ini saya pakai mobil dinas baru, mobil buatan anak2 SMK, muatan lokalnya 80% , harga produk masalnya 95 jt…cinta prod lokal,” tulisnya di twitter dengan akun @jokowi_do2.

Esemka Rajawali ini menggunakan mesin bensin dengan kapasitas silinder 1.800 cc, 2.000 cc dan 2.200 cc, serta mesin diesel 2.500 cc. Esemka Rajawali memiliki kisaran harga Rp140 juta sampai dengan Rp175 juta.

Untuk masalah service atau perawatan Esemka Rajawali, Kasmadi menjelaskan mobil tersebut tinggal dibawa ke SMK Negeri 2 Surakarta.

“Bila nantinya mobil tersebut butuh perawatan atau service, bisa langsung di bawa ke sekolah kami. SMK Negeri 2 Surakarta memiliki jurusan Teknik Kendaraan Ringan dan siswa kami bisa melayani service Esemka Rajawali,” tutup pria ramah ini.

http://www.fimadani.com