Senin, 12 September 2011

Turki Berhasil Kembangkan Robot Humanoid Pertama Produk Lokal



Sebuah perusahaan perangkat lunak yang beroperasi di pusat provinsi Konya Anatolia telah mengembangkan robot humanoid pertama di Turki yang sepenuhnya produk domestik.

Robot, produk dari proses dua tahun yang intens R & D, dapat menanggapi pertanyaan, memenuhi perintah suara, membuat perhitungan matematika, meniru sistem otot manusia, gerakan manusia, dan
mengenali bentuk dan warna, pimpinan perusahaan AkinSoft yang berbasis di Konya mengatakan kepada AA pada hari Minggu kemarin (4/9).

Pimpinan AkinSoft Ozgur Akin mengatakan, pihaknya telah melakukan penelitian teknologi R & D terkait tentang robotika sejak tahun 2009.

Akin mengatakan bahwa robot humanoid yang dikembangkan baru-baru ini bernama "Akinci-1" telah dirancang sesuai dengan sistem otot manusia sehingga bisa bergerak seperti manusia.

Akinci-1 diproduksi menggunakan bahan dan produksi sepenuhnya dari dalam negeri yang sejauh ini telah menelan biaya hampir satu juta lira Turki (570.000 USD), Akin mencatat.

Akin juga mengatakan bahwa perusahaannya telah membuat rencana 5-tahun yang dengan investasi diperkirakan menelan biaya sebesar 10 juta Lira (5,7 juta USD) selama 5 tahun untuk membuat Akinci-1.

"Kami berencana untuk menghadirkan robot humanoid ini ke pasar pada tahun 2015. Mereka dapat digunakan di berbagai sektor, misalnya, mereka dapat menggantikan asisten penjualan di supermarket atau memberikan panduan di bandara," kata Akin.(fq/aa)

Sumber http://www.eramuslim.com