Selasa, 05 Maret 2013

Yuk Tiru Anggota TNI Berdayakan Lahan Kosong


 
Anggota Denhub Divif-1 Kostrad memiliki cara tersendiri untuk memberdayakan lahan kosong yang ada di satuan dengan mengembangkan budidaya Ikan Lele. Budidaya ikan tawar tersebut merupakan salah satu solusi untuk mendukung program pemerintah, yaitu ketahanan di bidang pangan.


Sampai saat ini, Denhub Divif-1 Kostrad telah memiliki 35 petak kolam budidaya yang dikelola oleh anggotanya. Kolam tersebar di lahan-lahan kosong dan pekarangan yang ada di sekitar satuan. Berkat keuletan anggota dan dukungan yang diberikan pimpinan, Denhub Divif-1 Kostrad mampu menghasilkan ± 20.000 s.d. ± 25.000 ekor ikan lele dalam sekali panen. Bahkan budidaya tersebut semakin berkembang, dari hanya sekedar pemijahan, kini menjadi pemasok ke sejumlah pasar tradisional dan rumah makan di Ciluar, Bogor.

Untuk membagi kiat susksesnya, Denhub Divif-1 Kostrad beberapa kali menyelenggarakan pelatihan budidaya Ikan Lele, d iantaranya adalah memberikan pelatihan selama dua hari bagi anggota Yonhub Kodiklat TNI-AD, 18-20 Februari 2013 lalu. Dalam pelatihan ini, anggota Denhub Divif-1 Kostrad memberikan pengetahuan, baik teori maupun praktek cara pembudidayaan benih dan pemeliharaan yang baik, untuk mencapai hasil panen yang memuaskan.