Selasa, 16 Agustus 2011

Keren...Mahasiswa UNY Ubah Kulit Pisang Jadi Yogurt


Yoghurt kulit pisang. Ilustrasi
 Tak selamanya limbah kulit buah tidak bisa dimanfaatkan. Kulit buah pisang salah satunya. Kulit buah yang banyak di buang begitu saja ternyata bisa dimanfaatkan dan diolah sedemikian rupa menjadi
yogurt yang justru bermanfaat bagi kesehatan manusia.

Adalah empat mahasiswa jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas MIPA dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berhasil mengolah limbah kulit pisang ini menjadi yogurt. Keempat mahasiswa tersebut adalah, Ratna Wirawati, Manna Wassalwa, Zamzam Fatma Ambarsari, Feby Kristifany dan Anita Setyorini.

”Kami memilih kulit pisang untuk dijadikan yoghurt karena selama ini kulit pisang hanya menjadi limbah dari pedagang gorengan dan dianggap sebagai sampah yang tidak ada manfaatnya, tetapi ternyata dapat berubah menjadi komoditas usaha yang menjanjikan” kata Ratna Wirawati, Selasa (16/8).

Menurutnya, kulit pisang ternyata mengandung lemak, protein, dan glukosa yang cukup tinggi. Karenanya saat kulit pisang tersebut difermentasi maka bisa menghasilkan asam laktat yang dihasilkan dari gula susu. "Ini merupakan syarat bahan pembuatan yoghurt,” tandasnya.

sementara itu menurut Manna Wassalwa, kulit pisang mengandung karbohidrat sebesar 18,50 persen, vitamin C, vitamin B, kalsium, protein, lemak, pektin dan air sebanyak 68,90 persen. “Rata-rata setiap 100 gram daging pisang mengandung 70 gram air, 1,2 gram protein, 0,3 gram lemak, 27 gram pati dan 0,5 gram serat," tambahnya. Selain itu kata dia, kulit pisang juga kaya akan potassium yang berguna untuk pertumbuhan, dan juga merupakan bahan yang baik untuk diet karena mengandung kolesterol, lemak serta garam yang rendah.

Hasil penelitian mahasiswa UNY ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2011 bidang Kewirausahaan tahun 2011. Ke depan keempat mahasiswa Fakultas MIPA UNY ini berangan-angan membuat sebuah usaha dari hasil penelitian mereka.

Begini Cara Membuat Yoghurt dari Kulit Pisang

Empat mahasiswa jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Fakultas MIPA dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang berhasil mengolah limbah kulit pisang ini menjadi yogurt. Keempat mahasiswa tersebut adalah, Ratna Wirawati, Manna Wassalwa, Zamzam Fatma Ambarsari, Feby Kristifany dan Anita Setyorini.

Langkah membuatnya yogurt dari kulit pisang sendiri menurut Zamzam Fatma dilakukan dengan mengumpulkan limbah kulit pisang lalu mengupas bagian dalam kulit pisang dan dihaluskan menggunakan mixer. Bahan tambahan yang diperlukan untuk membuat yogurt dari kulit pisang sendiri adalah susu bubuk dan gula pasir. Cara pembuatannya sendiri kata dia cukup mudah.

Pertama lanjutnya, adonan yoghurt dibuat dengan takaran 1 liter cream pisang dicampur dengan 0,5 kg gula pasir lalu disterilkan atau dipasteurisasi. Hal itu dilakukan dengan cara memanaskan adonan cream kulit pisang tersebut hingga suhu 73ºC selama 15 menit dengan menggunakan panci, kompor dan thermometer. Langkah berikutnya proses kulturisasi yaitu memasukkan bibit yoghurt dan susu bubuk putih.

“Yang dimaksud dengan bibit yoghurt disini adalah yoghurt yang sudah jadi sebanyak 0,05 liter dan 0,25 gr susu bubuk putih ditambahkan ke dalam cream kulit pisang yang sudah dipasteurisasi tersebut," terangnya.

Cream kulit pisang yang sudah dikulturkan itu kemudian dihangatkah dalam suhu 45 ºC selama 24 jam atau disebut proses inkubasi. Ini dilakukan dengan menggunakan kardus berventilasi, ditempeli dengan bohlam yang diatur sedemikian agar lampu bohlam tersebut mampu memberikan kehangatan kepada susu tersebut. Kemudian cream kulit pisang diletakkan dalam kardus tersebut selama 24 jam, setelah itu yoghurt kulit pisang yang sudah jadi dimasukan ke dalam kulkas.

"Yogurt ini dibuat dengan satu rasa yaitu rasa asli pisang dan tanpa penambahan perisa/rasa," tandas Zamzam. Hasil penelitian mahasiswa UNY ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa tahun 2011 bidang Kewirausahaan tahun 2011. Ke depan keempat mahasiswa Fakultas MIPA UNY ini berangan-angan membuat sebuah usaha dari hasil penelitian mereka.
Sumber  http://www.republika.co.id