Kamis, 04 Agustus 2011

Garis Ajaib Pengisi Baterai Kendaraan Listrik

Trem listrik di taman hiburan selalu terdengar menyenangkan dan membuat orang ingin menaikinya. Untuk itu, ahli membuat terobosan berupa garis pemberi daya kendaraan ini.

Di Seoul Grand Park terdapat garis ajaib yang mengelilingi taman itu. Garis bersistem listrik canggih itu memungkinkan trem untuk terus berjalan
mengelilingi taman dengan cara yang ramah lingkungan.

Online Electric Vehicle (OLEV) berjalan di atas garis biru yang memberinya daya untuk isi ulang. Isi ulang daya OLEV bisa terjadi berkat medan magnet non-kontak yang berada di bawah permukaan jalan.

OLEV menggantikan kereta bertenaga diesel yang dulunya dipakai untuk mengantar pengunjung berkeliling taman di Gwacheon, Korea Selatan itu. Trem ini secara resmi diluncurkan pada 18 Juli 2011.

Sistem ini dikembangkan Korea Advanced Institute of Science and Technology. OLEV hanya membutuhkan baterai berukuran 20% lebih kecil dibanding baterai pada kendaraan listrik biasa. Ukuran kecil ini menghapus kebutuhan untuk isi ulang besar.

Para ilmuwan mengaku telah memasang garis ajaib ini di empat bagian taman dengan total panjang 400 meter disepanjang rute trem seperti dilaporkan Dailymail. [mor]

Sumber  http://teknologi.inilah.com