Sabtu, 06 Agustus 2011

Bill Gates: Ijazah Tak Jamin Gaji Tinggi


Bill Gates, orang terkaya di AS
Bos Microsoft, Bill Gates mengungkapkan realitas sosial yang terjadi pada kaum pekerja saat ini. Ia berujar jika ijazah sekolah -meski tinggi sekalipun-  tak cukup jadi jaminan bagi seseorang
memperoleh pekerjaan yang baik dengan gaji tinggi.

Saat berbicara di konferensi pendidikan dan lapangan kerja yang digagas kelompok hak sipil National Urban League, Gates menyarankan agar tiap siswa sekolah memiliki peluang untuk memperoleh ilmu dari luar bangku sekolah -selain tentunya ilmu yang didapat dari pendidikan formal-.

Gates juga menyiratkan, tanpa mengesampingkan pendidikan tinggi sebagai syarat mendapat pekerjaan layak saat ini, pengalaman bekerja di dunia kerja bagi siswa sekolah juga merupakan bagian yang tak kalah penting.

“Pendidikan tinggi penting untuk mendapatkan pekerjaan,” ujar Gates dikutip dari Reuters Life!.
Soal sistem pendidikan yang ada saat ini, Gates membantah jika sekolah berfasilitas superlengkap jadi jaminan siswa sekolah menjadi manusia siap 'edar'.

"Memiliki guru yang paling efektif di dalam ruang kelas dan memanfaatkan praktik terbaik mereka guna membantu guru lain berkembang sangat penting untuk membuat itu jadi kenyataan," katanya.

Peningkatan kualitas guru, ujar Gates juga menjadi kunci keberhasilan para siswa -bukan semata-mata menghujani siswa dengan ragam fasilitas canggih di institusi pendidikan.

“Ini bukan masalah melemparkan uang guna mengatasi masalah. Itu adalah mengenai cara para guru dipilih. Itu mengenai cara para guru didorong. Itu mengenai kebudayaan sekolah, harapan tinggi,” tambahnya. (reuterslife!)

Sumber   http:// Bangkapos.com