Senin, 08 Agustus 2011

Hebat! Robot Ini Bisa Berpikir Layaknya Manusia



Robot ini bukan seperti robot Skynet dalam Terminator. Namun robot ini memang bisa berpikir sendiri tanpa diprogram layaknya manusia. Seperti apa?

Peneliti Jepang berhasil mengembangkan robot yang mampu melakukan
fungsi yang tak ada dalam programnya. Mesin ini menggunakan pengalaman masa lampau dan pengetahuannya sendiri untuk melakukan penilaian mengenai cara terbaik memecahkan masalah.

Sejauh ini, robot ini mampu melakukan pekerjaan sederhana seperti mengambil gelas air dan memberi es ke dalamnya. Para tim mengaku berharap robot ini bisa belajar kemampuan lain layaknya anak kecil.

Teknologi SOINN (Self-Organising Incremental Neural Network) dikembangkan peneliti Tokyo Institute of Technology. "Robot ini menjadi bukti kemajuan teknologi dan pemrograman robot," ujar peneliti Bob Yirka seperti dikutip Dailymail.

Associate Professor Osamu Hasegawa di Tokyo Institute of Technology mengatakan, "Membicarakan intelijen buatan di dunia nyata, lingkungan nyata bisa sangat rumit dan berubah dengan cepat. Karenanya, penting sekali memiliki kemampuan mempelajari informasi baru di tempat itu juga."

Hasegawa mengaku belum tahu kapan robot ini akan dibuat untuk umum. Berikut videonya. [mor]

Sumber   http://teknologi.inilah.com