Selasa, 09 Agustus 2011

Bakerbot, Robot yang Bisa Membuat Kue


 Sudah menjadi tradisi setiap tahunnya di bulan Ramadan, para ibu sibuk membuat kue lebaran. Bahkan meski hari raya terbilang masih jauh, banyak yang sudah mempersiapkannya dari sekarang. Berandai-andai, bila saja robot pembuat kue hadir di sini, mungkin akan mempermudah pekerjaan. Dan kue yang dihasilkan mungkin akan lebih banyak.

Bakerbot, demikian sebutan untuk robot tersebut, merupakan pengembangan dari
robot rumah tangga PR2 yang dibuat perusahaan robot Willow Garage. Sebelumnya, PR2 yang memiliki dua lengan telah unjuk kebolehan mengerjakan berbagai pekerjaan rumah tangga, mulai dari menyiapkan minuman hingga melipat pakaian.

Kemampuan baru yang membuat PR2 menjadi Bakerbot, merupakan terobosan baru yang dicetuskan Distributed Robotics Lab di Massachusetts Institute of Technology (MIT). Seorang mahasiswa MIT bernama Mario Bollini, menambahkan kode pemrograman khusus yang memungkinkan robot tersebut membuat keputusan untuk dirinya dan menyelesaikan tugas khusus.

Dikutip detikINET dari MSNBC, Senin (8/8/2011), Bakerbot dilengkapi kemampuan yang lebih baik ketimbang jenis robot yang sama sebelumnya. Dia juga mewakili pendekatan hybrid untuk mencapai tujuan pengembangan robot ini. Misalnya saja, Bakerbot dapat mengetahui ada empat mangkuk berisi bahan membuat kue di meja dan membedakannya dari mixer dan loyang kue.

"Bakerbot bisa mengkalkulasi, misalnya bagaimana mengambil mangkuk berisi bahan kue dan menuangkannya ke mixer, mengaduknya, menaruhnya di loyang kemudian membakarnya di oven," terang Bollini.

Hasilnya adalah kue yang dipanggang. Diakui Bollini, kue yang dibuat Bakerbot bukanlah kue tercantik di dunia, namun setidaknya robot ini bisa menghasilkan kue panggang yang sesuai resep dan enak dimakan. Nah, tertarik meminta bantuan Bakerbot?

Sumber   http://www.detikinet.com