Rabu, 10 April 2013

Helikopter Canggih Ukuran Mini untuk Keadaan Darurat


Unik, Helikopter canggih yang berukuran mini diatas bisa digunakan untuk keadaan darurat!

Perusahaan asal Jepang yang dikenal sebagai pembuat mainan remote control (RC), Hirobo, memamerkan sebuah helikopter pribadi layaknya helikopter pada umumnya yang bisa mendarat di tanah.


Bedanya helikopter ini lebih mini dan bermesin listrik. Heli ini memiliki kecepatan hingga 100 km/jam (62mph), dan berjalan pada motor listrik namun sayang hanya bisa bertahan selama 30 menit.

Menurut Hirobo, heli ini lebih diperuntukkan untuk menanggulangi bencana atau dalam keadaan darurat. Dapat juga dipergunakan untuk membantu dalam misi pencarian dan penyelamatan karena tidak berisik, sehingga mempermudah sang pengemudi mendengar orang yang membutuhkan bantuan.

Saat dipamerkan pada Pameran Aerospace Internasional di Nagoya, helikopter ini cukup mencuri banyak perhatian saat diperagakan. Dikutip dari Rocketnews, Kamis (22/11/2012), proyek pembuatan helikopter ini menghabiskan dana hingga 10 miliar yen (125 juta dollar Amerika), dan dijadwalkan akan selesai pada tahun 2021.

Kendaraan inovatif tersebut akan hadir dalam dua model, yaitu versi tanpa awak (yang dapat diterbangkan menggunakan remote) atau dikendarai oleh seorang pilot saja.

Jenis tak berawak akan dijual seharga 125.000 dollar Amerika, sedangkan model yang dikendarai pilot dijual 375.000 dollar Amerika. Model tak berawak diklaim dapat digunakan untuk mengangkut bahan-bahan penting seperti organ atau darah.

Perusahaan masih merahasiakan nama dan model helikopter tersebut. Alasan utama kenapa heli tersebut lama sekali dirilis adalah karena permasalahan legal. Diperkirakan butuh waktu 2-4 tahun untuk membereskan masalah legalnya di Jepang. (dew)