Jumat, 22 Juli 2011

Robohopper Dilengkapi Sepasang Sayap Dan Icarus Complex


Masih ingat dengan robot belalang berukuran 5 Cm yang mampu melompat seperti superhero namun mengalami kesulitan saat melakukan pendaratannya ? Hm, baiklah, robot belalang tersebut yang lebih dikenal dengan sebutan Robohopper, pada waktu dulu masih dalam model yang standar saja sehingga
semuanya masih dalam uji coba untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan rancangan robohopper yang terdahulu. Makanya wajarlah masih banyak kekurangan di sana sini dalam rancangan robot belalang yang terdahulu tersebut.

Lain dulu lain sekarang, para peneliti Swiss telah mengetahui kekurangan dari eksperimen robot yang terdahulu itu. Dengan keyakinan yang lebih, kini mereka telah berupaya untuk menambahkan sepasang sayap dan lampu sinyal pada Robohopper tersebut.

Dengan penambahan tersebut, tampak terlihat sebagai sebuah mikroglider yang mampu beroperasi sendiri, wannabe locus yang mampu mengidentifikasi sumber-sumber cahaya dan terbang ke arah cahaya tersebut, sebuah aksi yang dikenal sebagai photoaxis yang mana itu akan membuatnya kira-kira sama pintarnya dengan berbagai serangga yang berada di taman. 

Pokoknya semua dibuat dan dirancang semirip mungkin, dan nantinya Anda mungkin bisa saja melekatkan sebuah kamera pada perangkat robot yang ada dan menggunakannya untuk membantu mencari wilayah bencana untuk orang-orang yang selamat. Hm, bisa berguna juga bukan ?!

Sumber http://www.beritateknologi.com